CEO (Chief Executive Officer)
CEO (Chief Executive Officer) atau disebut juga sebagai Direktur
Pelaksana/MD (Managing Director) adalah pejabat perusahaan level atas
(eksekutif) atau administrator yang diberi tugas manajemen secara total
terhadap suatu organisasi. CEO lebih sering (tapi tidak selalu) juga merupakan
pimpinan perusahaan.Seseorang yang ditunjuk sebagai CEO sebuah korporasi,
perusahaan, organisasi, atau lembaga biasanya melapor pada Dewan Direktur.
Ada 4 pekerjaan CEO yang membedakannya dengan posisi lain di
organisasi.
Pertama, merumuskan
pihak pihak luar yang benar benar berarti bagi organisasi alias ‘the meaningful
outside’. Harus ditetapkan mana yang betul-betul berarti, meskipun ada beberapa
stakeholder, yang paling dianggap penting adalah konsumen. Jadi kalo ada
konflik satu sama lain, penyelesaiannya dengan mengutamakan pihak yang paling
penting, yaitu konsumen.
Kedua, memutuskan
mana bidang yang akan digeluti dan mana yang tidak. Tidak semudah yang dibayangkan,
banyak CEO yang tidak mampu fokus dan serakah menginginkan terlalu banyak
bidang. Contoh: P&G rela melepaskan produk selai kacang ‘Jiff’, karena
dianggap tidak sanggup mendongkrak citra P&G sebagai pemain global, karena
hanya orang US yang suka selai kacang. P&G juga secara tegas memutuskan
untuk fokus pada produk produk laundry, pembalut bayi, perawatan rambut dan
wanita saja. Karena secara strategic cocok dengan sasaran dan kompetensi
mereka.
Ketiga, kemampuan
menyeimbangkan kepentingan saat ini dan masa depan. Dengan cara menetapkan
target pertumbuhan yang realistis namun mantab. Contoh: Lafley, CEO P&G
mengkoreksi target pertumbuhan financial ke angka angka yang lebih realistis.
Langkah tsb awalnya tidak populer dimata Wall Street, namun Lafley yakin
nantinya akan menjadi lebih sehat secara jangka panjang. Di bidang pengembangan
organisasi Lafley bahkan terlibat secara langsung thd rencana karier dari 150
calon pemimpin potensialnya, karena dia percaya bahwa merekalah masa depan dari
kelangsungan bisnis P&G.
Dan Keempat,
mempertajam nilai nilai dan standar standar perusahaan. Nilai nilai perusahaan
merupakan cerminan identitas kolektif perusahaan. Jika ingin sukses, maka nilai
nilai perusahaannya haruslah terhubungkan dengan ‘meaningful outside’ serta
relevan untuk saat ini dan masa mendatang. Sementara standar perusahaan
merupakan harapan yang ditetapkan organisasi. Dalam sejarahnya, P&G
merumuskan ‘trust’ (kepercayaan) sebagai nilai perusahaan.
Peran CEO adalah unik, CEO adalah pimpinan bisnis yang harus
mampu menjadi ‘jembatan’ antara dunia luar dan dunia dalam organisasi.
CFO (Chief Financial Officer)
CFO (Chief Financial Officer) terkadang juga merupakan
seorang bendahara perusahaan. Bagi banyak perusahaan CFO dilihat sebagai orang
penting nomor dua dalam perusahaan (karena dalam mengelola hasil kuartalan
sering tergantung pada pemahaman akan pembukuan keuangan). Intinya, CFO adalah
pejabat perusahaan yang bertanggung jawab atas keuangan perusahaan.
CIO (Chief Information Officer)
CIO (Chief Information Officer), merupakan jabatan yang relative
baru relatif di jajaran ‘top executive’ perusahaan. Bertanggung jawab untuk
sistem informasi internal perusahaan, terutama dengan kehadiran internet, terkadang
bertanggung jawab atas infrastruktur bisnis elektronik perusahaan.
CTO (Chief Technology Officer)
CTO (Chief Technology Officer), merupakan jabatan pendatang
baru lainnya dalam jajaran eksekutif puncak perusahaan. Jabatan ini bisa jadi
merupakan dilihat sebagai posisi yang penting kedua atau ketiga khususnya di
banyak perusahaan berbasis teknologi. CTO bertanggung jawab untuk penelitian
dan pengembangan serta untuk perencanaan produk baru.
CSO (Chief Security Officer)
CSO (Chief Security Officer), bertanggung jawab atas sistem
bisnis dan keamanan komunikasi perusahaan.
CCO (Chief Compliance Officer)
CCO (Chief Compliance Officer), bertanggung jawab untuk
memastikan bahwa perusahaan dan karyawan telah sesuai dengan kebijakan internal
perusahaan dan peraturan pemerintah yang berlaku.
CKO (Chief Knowledge Officer)
The CKO (Chief Knowledge Officer) bertanggung jawab untuk
manajemen pengetahuan organisasi.
CMO (Chief Marketing Officer)
Seorang Chief Marketing Officer (CMO) adalah seorang
eksekutif perusahaan yang bertanggung jawab atas kegiatan pemasaran dalam suatu
organisasi. Posisi ini paling sering melapor kepada CEO.
(Berbagai sumber)
(Berbagai sumber)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar