Kamis, 24 November 2011

Pengantar Keuangan Perusahaan

by: Asri Wulandari

A.      Manajemen Keuangan Perusahaan
Yaitu melaksanakan fungsi-fungsi manajemen Keuangan yang meliputi penggunaan dana &memperoleh dana melalui keputusan investasi, keputusan deviden dan keputusan financial agar nilai perusahaan meningkat.
Lingkup manajemen Keuangan mencakup 3 hal utama yaitu ;
¨       Keputusan Keuangan ( Financial Decision)
adalah fungsi seorang manajer keuangan dalam menentukan Struktur Modal(capital )dalam perusahaan
¨       Keputusan Investasi(Investment Decision)
adalah fungsi seorang manajer keuangan dalam menentukan jml, jangka wkt dan jenis investasi yang sebaiknya dilakukan perusahaan
¨       Keputusan Devident (Deviden Decision)
 adalah fungsi seorang manajer keuangan dalam menentukan jenis dan jumlah devident yang hrs dibayarkan kpd Pemrgang saham.         

B.      Manajemen Keuangan
Manajemen Keuangan adalah suatu proses yang mencakup perencanaan menghimpun dana (mencari dana) dan mengalokasikan dana guna memberikan konstribusi semaksimal mungkin bagi tercapainya tujuan perusahaan secara efisian dan efektif.

C.      Tujuan Perusahaan
Dalam persektif manajemen Keuangan bukan memaksimalkan laba melainkan memaksimalkan kekayaan pemegang saham(stakeholder) atau memaksimalkan nilai perusahaan(value of the firm)
Alasannya:
Laba tidak menunjukan arus kas, sedangkan pengambilan keputusan didasarkan atas arus kas, Keputusan Keuangan dinilai benar bila keputasan itu meningkatkan arus kas bersih yang di terima perusahaan di masa yang akan datang.  Laba disajikan dalam rugi laba. Laba tidak mempertimbangkan Waktu dan Resiko.


D.      Arus/aliran Keuangan

 
Perusahaan mengeluarkan surat beharga utk memperoleh kas (1), Kas tersebut digunakan utk membeli aktiva guna operasional perusahaan (2), apabila perusahaan berhasil ,aktiva tersebut akan menghasilkan kas dan kas tersebut utk  dapat diinvestasikan kembali (4), atau kas tersebut dikembalikan  pada investor yang semula membeli surat beharga yang semula dikeluarkan perusahaan (5)
Panah  (2) , menggunakan kas utk diinvestasikan yang disebut investment decision .     Panah ( 1 ),sebagai keputusan pembelanjaan( financing decision), Panah ( 4 & 5  ),sebagai deviden policy, yaitu apakah dana yang diperoleh perusahaan dikembalikan pd pemegang saham atau ditahan ataukah diinvestasikan kembali ( 4)             
 
E.       Sektor Keuangan dalam Perekonomian
¨       Pasar Uang  ( Money Market)
Adalah transaksi aset Keuangan yang jatuh temponya  kurang dari 1 tahun, seperti pembelian dan penjualan obligasi  pemerintah, sertifikat deposito dan commercial paper.
Pelaku pasar Uang  adalah Bank komersial utk menentukan cadangan minimal yang ditentukan oleh BI
¨       Pasar Modal (  Capital Market)
adalah transaksi aset Keuangan yang jatuh temponya  kurang dari 1 tahun, seperti saham biasa, saham preferen, dan obligasi.
saham biasa adalah bukti penyertaan modal dalam perusahaan. (mengharapkan deviden dan keuntungan penjualan saham/ capital again.
Saham preferen adalah bentuk khusus dari kepemilikan saham (pembayaran deviden didahulukan dari pemegang saham biasa.

F.       Lembaga Keuangan
Ada 2 macam Lembaga Keuangan:
¨       Lembaga Keuangan Bank  : Bank Umum, Bank Komersial
¨       Lembaga Keuangan non Bank: Perusahaan Asuransi, dana pensiun, dana investasi

G.     Macam Instrumen Keuangan              
¨       Pembiayaan jangka pendek ; dari Bank komercial dan supplier
¨       Pembiayaan jangka Panjang ; Hutang dijamin dengan aktiva tetap(hipotek) dan hutang yang tidak dijaminkan(debitur)

H.     Dampak Manajemen Keuangan terhp Inflasi
¨       Investasi naik, biaya modal naik
¨       Harga cendrung naik, sulit dalam perencanaan
¨       Bunga naik, permintaan terhadap modal turun
¨       Permintaan obligasi turun,karena inflasi naik maka harga obligasi turun.

I.        Biaya Keagenan (Agency cost)
Timbul akibat ketidak selarasan kepentingan antara pemegang saham dan manajer; serta antara pemegang saham dan kreditor.
¨       Biaya keagenan;  Pemegang Saham vs  Manajer
 Pemilik/ pemegang saham mendelegasikan wewenang pengelolaan perusahaan kpd manajer. Pemegang saham memberi mandat (principal) dan manajer adalah pelaksana ( agent).
manajer memiliki sebgn kecil saham ( < 100%),rasa memiliki kurang, shg tidak lagi memaksimalkan kekayaan pemegang saham( harga saham) tapi kepentingan pribadinya. Ketidak selaran ini menimbulkan biaya keagenan.  Pegang saham kini hrs mengeluarkan sejumlah biaya meliputi:
a.       Biaya pemantau kinerja manajer
b.      Biaya penataan struktur organisasi
c.       Biaya oportunitas y/I biaya yang timbul karenaperusahaan tidak dpt memanfaatkan peluang bisnis dengan cepat dan cepat karena tidak ada keselarasan ke 2 pihak,shg ada 3 mekanisme utk mengatasinya:
-        Pemecatan 
-        Pengambil alihan( takeover)
-        Penataan insentif manajer (bonus tahunan,fasilitas mewah,opsi saham/hak membeli saham pd harga yang lebih rendah dan saham bonus.
J.        Biaya Keagenan : Pemegang Saham  vs Kreditor
Sebagai pemegang saham  semestinya konsisten memaximalkan nilai perusahaan,tapi ada kalanya si pemegang saham memilih proyek beresiko tinggi. Bila proyek itu laba,harga saham perusahaan naik shg mendapat hasil lebih besar dari kreditor (sdh tetap),sebaliknya bila rugi harga saham cendrung turun,shg kreditor/peminjaman dana ikut menanggung kerugian.
Untuk mengatasi itu kreditor,membatasi kewenangan pemegang saham dan manajer seperti;
-        syarat2 kredit diperketat,
-        membatasi deviden yang boleh dibagikan,
-        jumlah kas ditetapkan utk disisihkan guna pelunasan utang. Langkah pihak kreditor ini menimbulkan biaya bagi pemegang saham shg akan menurunkan harga saham.
Dengan ada biaya keagenan ini maka semua pihak selalu berusaha memaksimalkan nilai perusahaan, bila satu pihak saja lalai harga saham cenrung turun akibatnya semua pihak menanggung kerugian

K.      Laporan Keuangan dan  Arus Kas
 Hasil akhir /output dari pada sistim akuntansi terdiri atas;
¨       Laporan Neraca
¨       Laporan Rugi/Laba
¨       Laporan Laba Ditahan
¨       Laporan Arus Kas