Pemasaran gerilya adalah istilah yang konon diciptakan oleh
Jay Conrad Levinson dalam bukunya, "Guerrilla Marketing" yang pertama
kali diterbitkan pada tahun 1983. Melakukan strategi pemasaran gerilya
konvensional, nventif, merupakan taktik untuk mempromosikan dan memasarkan
produk serta jasa dengan biaya minimal dan imbalan yang maksimum. Agar usaha
kecil mampu berjuang untuk bertahan hidup di masa-masa ekonomi yang sulit, dan
dengan beban tambahan anggaran pemasaran yang ketat, pemasaran gerilya dapat
menjadi cara yang murah untuk membuat orang ‘berbicara’ tentang perusahaan
Anda, ‘menarik’ orang ke toko Anda, atau setidaknya menuliskan nomor telepon dan alamat website Anda . Dibawah ini
ditawarkan beberapa cara untuk
mendapatkan perhatian. Biarkan pikiran Anda mengembara secara kreatif dan menggunakan daftar ini
untuk merangsang ide-ide tambahan sebagai alat pemasaran.
- Melalui T-Shirt
Ini adalah salah satu alat gerilya tertua dan paling sukses
pemasaran. Jika Anda membeli setengah lusin T-shirt atau lebih dicetak dengan
nama perusahaan Anda, Anda memiliki peluang bagus untuk membawa bisnis Anda. Meski
dalam huruf kecil, tapi terlihat, Anda dapat menyertakan nomor telepon, alamat
jalan dan alamat website. Kenakan satu kemeja diri sendiri dan berikan pada yang
lain untuk orang-orang yang di sekitar lingkungan Anda sebagai cara membuat
iklan berjalan untuk perusahaan Anda.
- Tag Mobil Anda atau Motor
Apa yang Anda lakukan untuk T-shirt Anda dapat berlaku juga
pada mobil, motor, bahkan sepeda anda. Cat atau stensil logo perusahaan Anda
dan informasi lainnya pada kendaraan Anda sama hal nya dengan memiliki sebuah
billboard bepergian.
- Selebaran di Tempat Strategis
Cari printer murah, cari lokasi-lokasi terjangkau yang
strategis untuk menitipkan selebaran-selebaran anda. Di Toko Buku, Bengkel,
Perpustakaan setempat, Salon, Restoran, dsb. Pastikan untuk mendapatkan izin
sebelum meninggalkan selebaran.
- Flyer Swap
Buatlah kesepakatan dengan pedagang lain di lingkungan Anda
atau kota untuk menyediakan tempat untuk brosur mereka jika mereka melakukan
hal yang sama untuk Anda. Anda mungkin bisa mendapatkan eksposur untuk bisnis
Anda di lain lokasi bisnis. Sebuah bersih kering mungkin memiliki brosur untuk
restoran dan sebaliknya. Sebuah toko pakaian mungkin tempat yang baik untuk
brosur agen perjalanan dan sebaliknya.
- Proyek Slide Anda
Memiliki slide yang dibuat yang mencakup logo Anda, nama
perusahaan, nomor telepon dan alamat. Menambahkan salinan singkat tentang apa
produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui internet. Lalu lakukan hal yang
sama di lokasi lainnya. Ubah lokasi sering, tetapi mencari situs di mana
kebanyakan orang dapat melihatnya.
- Bergabung dengan Grup yang sesuai
Gabung dengan kelompok lain yang tepat untuk memulai
jaringan produktif dan menarik pelanggan
potensial, vendor dan konsultan. Anda akan menemukan beragam orang dan Anda
akan dapat saling membantu, tidak hanya sebagai pelanggan bersama, tetapi
sebagai penasihat juga.
- Masukan Sticky Notes
Tuliskan pesan penjualan Anda di Post-It catatan dan paste
di mana-mana orang akan melihat mereka. Kamar mandi tidak terlarang - ingat,
ini adalah pemasaran gerilya. Mintalah seorang anggota dari lawan jenis untuk
memposting catatan dalam kamar mandi ditargetkan pada bioskop dan restoran.
Anda juga dapat meletakkan catatan Post-It di kamar pas atau di toko-toko
pakaian. Berani??
- Undang Orang untuk ‘Datang’ dan ‘Complain’ atau Memberi Saran’
Tempatkan beberapa poster di lingkungan Anda mengumumkan
"Datang, Complain atau Sarankan." pada pendirian bisnis Anda. Idenya
adalah untuk menarik lalu lintas suara, mendengarkan apa yang pelanggan Anda
sukai dan inginkan, dan untuk menarik pelanggan potensial. Anda juga mungkin
menawarkan beberapa hadiah, gratis murah sebagai insentif. Keluhan dan saran
dapat ditulis atau diucapkan. Ketika Anda mendapatkan keluhan, pastikan Anda
berjanji untuk menyelesaikan kegundahan mereka. Ketika Anda mendapatkan saran
yang baik, berjanji lah untuk menggunakannya.
Intinya:
Pemasaran gerilya adalah pemasaran yang efektif dan murah.
Daftar ide di atas mencakup beberapa taktik sukses yang sering digunakan
berdasarkan penelitian di Internet. Ada puluhan ide lain yang dapat digunakan
dengantingkat keberhasilan yang sama. Jika Anda sedang mempertimbangkan
kampanye pemasaran gerilya, berani, inventif, maka jangan terkejut jika usaha Anda sudah
berhasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar