Selasa, 29 November 2011

Tips Pemasaran Gerilya Untuk Bisnis Kecil


Pemasaran gerilya adalah istilah yang konon diciptakan oleh Jay Conrad Levinson dalam bukunya, "Guerrilla Marketing" yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1983. Melakukan strategi pemasaran gerilya konvensional, nventif, merupakan taktik untuk mempromosikan dan memasarkan produk serta jasa dengan biaya minimal dan imbalan yang maksimum. Agar usaha kecil mampu berjuang untuk bertahan hidup di masa-masa ekonomi yang sulit, dan dengan beban tambahan anggaran pemasaran yang ketat, pemasaran gerilya dapat menjadi cara yang murah untuk membuat orang ‘berbicara’ tentang perusahaan Anda, ‘menarik’ orang ke toko Anda, atau setidaknya menuliskan nomor  telepon dan alamat website Anda . Dibawah ini ditawarkan  beberapa cara untuk mendapatkan perhatian. Biarkan pikiran Anda mengembara  secara kreatif dan menggunakan daftar ini untuk merangsang ide-ide tambahan sebagai alat pemasaran.

  1. Melalui T-Shirt
Ini adalah salah satu alat gerilya tertua dan paling sukses pemasaran. Jika Anda membeli setengah lusin T-shirt atau lebih dicetak dengan nama perusahaan Anda, Anda memiliki peluang bagus untuk membawa bisnis Anda. Meski dalam huruf kecil, tapi terlihat, Anda dapat menyertakan nomor telepon, alamat jalan dan alamat website. Kenakan satu kemeja diri sendiri dan berikan pada yang lain untuk orang-orang yang di sekitar lingkungan Anda sebagai cara membuat iklan berjalan untuk perusahaan Anda.

  1. Tag Mobil Anda atau Motor
Apa yang Anda lakukan untuk T-shirt Anda dapat berlaku juga pada mobil, motor, bahkan sepeda anda. Cat atau stensil logo perusahaan Anda dan informasi lainnya pada kendaraan Anda sama hal nya dengan memiliki sebuah billboard bepergian.

  1. Selebaran di Tempat Strategis
Cari printer murah, cari lokasi-lokasi terjangkau yang strategis untuk menitipkan selebaran-selebaran anda. Di Toko Buku, Bengkel, Perpustakaan setempat, Salon, Restoran, dsb. Pastikan untuk mendapatkan izin sebelum meninggalkan selebaran.

  1. Flyer Swap
Buatlah kesepakatan dengan pedagang lain di lingkungan Anda atau kota untuk menyediakan tempat untuk brosur mereka jika mereka melakukan hal yang sama untuk Anda. Anda mungkin bisa mendapatkan eksposur untuk bisnis Anda di lain lokasi bisnis. Sebuah bersih kering mungkin memiliki brosur untuk restoran dan sebaliknya. Sebuah toko pakaian mungkin tempat yang baik untuk brosur agen perjalanan dan sebaliknya.

  1. Proyek Slide Anda
Memiliki slide yang dibuat yang mencakup logo Anda, nama perusahaan, nomor telepon dan alamat. Menambahkan salinan singkat tentang apa produk atau jasa yang Anda tawarkan melalui internet. Lalu lakukan hal yang sama di lokasi lainnya. Ubah lokasi sering, tetapi mencari situs di mana kebanyakan orang dapat melihatnya.

  1. Bergabung dengan Grup yang sesuai
Gabung dengan kelompok lain yang tepat untuk memulai jaringan produktif  dan menarik pelanggan potensial, vendor dan konsultan. Anda akan menemukan beragam orang dan Anda akan dapat saling membantu, tidak hanya sebagai pelanggan bersama, tetapi sebagai penasihat juga.

  1. Masukan Sticky Notes
Tuliskan pesan penjualan Anda di Post-It catatan dan paste di mana-mana orang akan melihat mereka. Kamar mandi tidak terlarang - ingat, ini adalah pemasaran gerilya. Mintalah seorang anggota dari lawan jenis untuk memposting catatan dalam kamar mandi ditargetkan pada bioskop dan restoran. Anda juga dapat meletakkan catatan Post-It di kamar pas atau di toko-toko pakaian. Berani??

  1. Undang Orang untuk ‘Datang’ dan ‘Complain’ atau Memberi Saran’
Tempatkan beberapa poster di lingkungan Anda mengumumkan "Datang, Complain atau Sarankan." pada pendirian bisnis Anda. Idenya adalah untuk menarik lalu lintas suara, mendengarkan apa yang pelanggan Anda sukai dan inginkan, dan untuk menarik pelanggan potensial. Anda juga mungkin menawarkan beberapa hadiah, gratis murah sebagai insentif. Keluhan dan saran dapat ditulis atau diucapkan. Ketika Anda mendapatkan keluhan, pastikan Anda berjanji untuk menyelesaikan kegundahan mereka. Ketika Anda mendapatkan saran yang baik, berjanji lah untuk menggunakannya.

Intinya:
Pemasaran gerilya adalah pemasaran yang efektif dan murah. Daftar ide di atas mencakup beberapa taktik sukses yang sering digunakan berdasarkan penelitian di Internet. Ada puluhan ide lain yang dapat digunakan dengantingkat keberhasilan yang sama. Jika Anda sedang mempertimbangkan kampanye pemasaran gerilya, berani, inventif, maka  jangan terkejut jika usaha Anda sudah berhasil.

Tidak ada komentar: